Rabu, 06 Oktober 2010

Alat-alat Pengukuran dan Pengujian untuk Pekerjaan Batu-Beton

          1.  Mistar
Mistar digunakan untuk menggambar gambar kerja dan untuk menggambar detail-detail serta gambar konstruksi yang lain, macam-macam mistar yang digunakan untuk penggambaran antara lain adalah
-    Mistar segitiga
Mistar segitiga terdiri dari mistar segitiga 45o dan mistar segitiga 60o keduannya adalah segitiga siku-siku. Gambar 1-a adalah mistar segitiga 60o dengan sudut 60o, 30o  dan 90o sedangkan Gambar 1-b adalah mistar 45o dengan sudut 45o, 45o dan 90o.

 


Gambar Mistar Segitiga
-    Mistar pengukur
Mistar tersebut berbentuk lurus tanpa membentuk sudut yang dilengkapi dengan skala-skala standar. Mistar pengukur masing-masing mempunyai profil sendiri menurut kepentingan dalam penggunaannya, seperti gambar dibawah ini,  bentuk profil-profilnya sama dibuat tajam pada sisi-sisinya agar mampu digunakan dalam penelitian dengan cermat.


Gambar Mistar

           2.  Meteran
Meteran antara lain digunakan untuk:
    • Mengukur panjang tulangan
    • Mengukur dimensi balok, kolom atau pelat beton
    • Mengukur tebal papan, dimensi balok kayu
    • Mengukur panjang galian pondasi, papan begisting dsb.
    • Meteran dibuat dari berbagai macam bahan dengan berbagai macam bentuk

Meteran kayu dibuat dengan panjang 1m tebal 1-2 cm, lebar 4-7 cm, sebelah sisinya dibuat miring dan diberi ukuran cm (Gambar 1.a), sedangkan meteran kayu lipat dengan panjang 1m dibuat dari kayu dengan ukuran tebal 0,3 cm, lebar 1-2 cm terdiri dari 4-6 bilah kayu dengan panjang masing-masing ±20-25 cm, ujung-ujung bilah saling dihubungkan dengan engsel dari logam (disambung memanjang) sehingga panjangnya mencapai ± 1 meter, sebelah sisinya diberi ukuran dalam cm.

Meteran pita baja (meteran rol) dibuat dari pita baja dengan lebar 1 cm dan panjang ± 2 m. Pita baja ini diberi ukuran dalam cm dan mm digulung masuk dalam sebuah rumahan yang dibuat dari plat logam seperti gambar pada halaman berikut:

 
Gambar Meteran Baja

Terdapat pula meteran pita baja dan meteran pita kain dengan panjang 5-30 meter yang dibuat dari pita baja dengan rumahan dari plat baja atau dari pita kain dengan rumahan dari kayu.
Cara Perawatan:
ü      Simpanlah baik-baik dalam keadaan bersih
ü      Lipatlah atau gulunglah meteran dengan hati-hati supaya tidak rusak
ü      Lindungilah alat ini dari pukulan/benturan dengan benda-benda keras.

 

 Gambar Meteran Kain

3.  Alat penyipat datar               
Alat ini digunakan untuk pengukuran kedataran pekerjaan batu Bahan yang digunakan untuk penyipat datar terdiri dari batang kayu sebagai rumahan atau aluminium dan tabung kaca yang berisi zat cair  dengan libel (gelembung).

 Gambar Alat Sipat Datar (Waterpas) dari aluminium

4.  Pesawat penyipat datar
Pesawat penyipat datar juga dapat digunakan untuk pekerjaan konstruksi beton diantaranya untuk pengukuran jarak yang panjang, pengukuran beda tinggi dan mengukur sudut.     




    Gambar Pesawat Penyipat Datar
5.   Pesawat Blaine
Pesawat Blaine digunakan untuk menentukan kehalusan Portland Semen yang dinyatakan dalam luas muka spesifik Sp, dihitung sebagai jumlah luas muka total dalam sentimeter persegi gram Portland Semen.
              Dibawah ini adalah Pesawat Blaire, Tabung gelas ukur dan Pesawat Blaire.

            


Gambar Pesawat Blaine
6.   Mesin Tekan dan Tarik
Mesin ini digunakan untuk mengukur kekuatan tekan Karakteristik (σbk )  beton yang didapat dari percobaan  benda uji yang berbentuk kubus terbuat  bahan adonan yang terdiri dari pasir, kerikil dan semen dengan perbandingan tertentu sesuai dengan kriteria mutu beton yang dikehendaki.

                                           Gambar Mesin Pengukur kuat tekan beton
7.  Stop Watch
     Digunakan untuk mengukur waktu dalam pengujian untuk menentukan kehalusan Portland Semen.
 

 Gambar Stopwatch

8.  Gelas Ukur
Alat ini digunakan untuk berbagai percobaan/pengujian bahan diantaranya adalah pengukuran kuat tarik, pemeriksaan pengikatan awal Semen Portland dan pemeriksaan mutu bahan lainnya.


 Gambar Gelas Ukur
9.  Pesawat Vicat
Digunakan untuk mengetahui pengikatan awal pada sebuah adonan semen dan air, hasil pengikatan awal dapat diketahui dengan mengukur jarum vicat masuk kedalam adonan dan diukur kedalamannya.

                                                                                                         
 Gambar Alat Vicat

1 komentar: